Wednesday, 22 June 2016

Musik/Lagu Jadul di Film-Film Jaman Sekarang

Soundtracks - gambar dari google

Musik, seni yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan modern dan mudah ditemukan. Pagi, siang, malam; musik diputar di radio, gadget pribadi, tempat umum, di bis - either diputar di audio bis atau dari suara-suara pengamen. Bahkan meski tanpa media, musik bisa dimainkan dalam kepala kita. Meski sifatnya abstract, musik dan lagu yang disukai kadang mengalun otomatis di kepala dan disenandungkan lirih oleh bibir kita. Dan yang tidak boleh terlupakan, musik membuat kita
mampu berpikir lebih jernih dalam memandang sebuah masalah. Akan selalu ada musik/lagu yang akan mewakili cerita hidup kita. Temukan dan ceritanya akan membuat kamu tersenyum.

Musik atau pun lagu juga kerap kali dimasukkan dalam sebuah film sebagai soundtrack. Pemutaran soundtrack ada yang diputar saat scene-scene penting sebuah film ada juga yang diletakkan di akhir film. Terlepas dari itu, sebuah soundtrak juga bisa menjadi nilai penambah seni dari film tersebut dan juga sebagai sarana promosi film. Dan terkadang, soundtrack bisa menjadi iconic symbol yang akan mengingatkan penonton akan film yang baru saja dinikmatinya.

Musik jaman dulu memang terbukti ageless. Terbukti banyak produser yang akan menjadikannya soundtrack sebagai penambah nilai artistik dari filmnya. Berikut 4 lagu jadul yang dijadikan soundtrack film-film jaman sekarang:

1. Elvis Presley - Can't Help Falling In Love di The Conjuring 2(2016)

 Ed Warren menyanyikan lagu Elvis Presley - Can't Help Falling In Love - gambar dari google.

Baru-baru ini sebuah film horror sequel The Conjuring yang rilis di tahun 2013, The Conjuring 2: The Enfield Poltergeist berhasil memanjakan telinga penonton dengan lagu jadul yang dipopulerkan oleh legendaris musik Elvis Presley berjudul Can't Help Falling in Love. Gak cuman mba Valak-nya doang yang selalu mampir di pikiran kamu. Lagu yang dalam filmnya dimainkan oleh Ed Warren ini membuat romantisme yang dirasakan oleh pasang Warren dapat dirasakan pula oleh penonton. Magical.

2. Eurythmics - Sweet Dreams (Are Made Of This)di X-Men: Apocalypse(2016)

Quick Silver mendengarkan Eurythmics - Sweet Dreams(Are Made Of This) - gambar dari google.

Lagu yang dirilis pada lebih dari 30 tahun silam ini membuat siapa saja yang mendengarnya berpikiran bahwa ini lagu baru. Tapi ternyata lagu yang dipopulerkan oleh Euritmics ini dirilis tahun 80an. Musik beatnya membuat scene dimana Quick Silver(Evan Peters) menyelamatkan para mutant dari ledakan di markas X-Men terkesan tidak menegangkan. Lagu ini berhasil masuk di kepala saya hingga saat ini.

3. Jim Croce - Time In A Bottle di X-Men: Days Past Future(2014)

Quick Silver mendengarkan Jim Croce - Time In A Bottle - gambar dari google.

Sekali lagi, Marvel menghadirkan nuansa musik jadul yang ajib di serial X-Men nya. Time In A Bottle yang dipupulerkan oleh Jim Croce di tahun 1972 ini terdengar sangat apik bila didengarkan dengan teknologi audio cinema yang canggih. Di bagaian mana sih lagu ini diputar? Tetep, di scene nya Quick Silver. Tepatnya saat Quick Silver dan Proffessor Xavier membantu pelolosan Magneto dari penjara bawah tanah Pentagon. Musik dari lagu ini membuat misi penyelamatan terkesan smooth dan elegan. Apalagi efek slow motion nya membuat musik dan adegannya klop banget.

4. The Mamas and The Papas - Califonia Dreamin' (Sia Cover) di San Andreas(2015)

Poster film San Andreas - gambar dari google

Lagu dari era 60an ini terbilang sukses untuk tetap memiliki pendengar di usianya yang lebih dari 40 tahun. Versi cover dari Sia Furler membuat lagu ini cocok sekali dengan atmosfir film San Andreas yang menceritakan tentang bencana maha dahsyat di California. Hentakan drum nya berhasil membawa pendengar merasakan emosi dari cerita film tersebut. Cooocok. #eh

Demikianlah 4 lagu yang berhasil saya korek dari memori di kepala sebagai musik/lagu jadul di film-film jaman sekarang. Ada yang mau menambahkan? Share di comment, ya.

Salam,

uknowme

16 comments:

  1. okesip coba nanti lagu lagunya ane cek di Soundcloud .

    ReplyDelete
  2. Karya yang tak pernah mati oleh waktu, tanda karya yang berkualitas tinggi.

    ReplyDelete
  3. yang lagu Elvis Presley - Can't Help Falling In Love... SAYA TAHU NIH KANG.... hehehehehehehehe :D tapi karena belum nonton The Conjuring 2, sehingga belum tau, kalau soundtracknya itu.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sebelumnya tahu aja ada lagu itu, tapi gak pernah dengerin bener2. Pas di the conjuring 2 karena audio yang bagus bgt...eh, suka.

      Delete
  4. gak cuma film barat loh, sinetron Indonesia jg banyak yg OST nya lagu2 jadul indo jg *korbamsinetron :D

    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak sinetron anak jahanam yang pake lagu dewa19 rilis tahun 2005 itu ya?

      salam kenal juga

      Delete
  5. Musik ada yang mewakili kehidupanku. Rasa sedih dan tersenyum kadang menjadi satu.

    ReplyDelete
  6. Keren yah musik jadul masih bisa kepake ke dalam film-film masa kini (y)

    ReplyDelete
  7. waahhh, seni memang tidak rusak oleh waktu...>.<" terlalu indah buat dilupakan.. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terlalu manis untuk dilupakaaaan...

      Delete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...