Monday, 20 May 2013

Kecanduan

Terakhir udah lebih dari segini, dan sudah tereksekusi dari kosan ku.


Kecanduan. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Apa sebenarnya penyebab dari kecanduan? Dari buku LKS Kimia SMP kelas VIII-beruntung sekali aku masih mengingatnya-terlebih beruntung lagi aku mendapatkan seorang guru dengan teknik mengajar yang baik, setiap bab diakhiri dengan ulangan lisan-otakku bekerja dengan baik untuk kategori pelajaran hapalan-proses kecanduan adalah seperti ini: kau mengonsumsi zat baru yang diserap tubuhmu, kau merasakan efeknya, otak merekam apa yang kau rasakan, jika kau merasa ini membuatmu lebih baik maka saat tubuh tidak diberi lagi zat yang sama pada interval tertentu otak akan memerintahkan pikiranmu untuk mengonsumsi zat tersebut. Jadi,hati-hati dengan apa yang kau makan, minum.

Tidak terbatas hanya pada zat yang dalam prosesnya dimasukkan ke dalam tubuh kita. Kecanduan juga bisa berupa hal-hal yang bersifat lebih lembut. Seperti maniac film yang kecanduan menonton dan selalu menonton film, shopaholic yang dialami para wanita, supporter olahraga yang bahkan membuat idolanya terlalu gugup karena luapan semangat mereka yang lebih dari idolanya, book addict yang dialami para remaja, music, hang out, dan hal-hal semacamnya termasuk kecanduan menulis seperti yang dialami banyak insan blogger. Lebih lembut karena kita tak bisa menyentuhnya tanpa mengalaminya sendiri. Dan cara kerja otak untuk hal-hal semacam ini tidaklah beda dengan yang dilakukannya pada zat makanan.

Kita merasa bahagia setelah melakukan hal yang kita sukai. Otak merekamnya karena bahagia membuat tubuh melakukan proses kehidupannya dengan baik. Normal bila kita ingin mengulanginya. Dan siapa pula yang tidak ingin kebahagiaan…abadi? But, always remember that our freedom are bothered by another people’s freedom. We’re social creatures that we cannot deny. Even sometimes we want to betray it. No way …

Bicara panjang lebar…Kecanduan soda atau minuman berkarbonasi, itu yang sedang aku alami. Rasanya konyol sekali. Seperti menghianati artikel berjudul “Minuman Soda Investasikan Stroke di Hari Tua” yang pernah aku buat di satu website kesehatan.

NP: Judul artikel tidak pernah sebagus itu sebelumnya.

39 comments:

  1. kahade ah kang...harus dikontrol minumnya, bisi kumaha onam.
    klo WS malah ga kuat rasanya minum minuman berkarbonasi...minum stengah botol aja kembung rasanya

    ReplyDelete
  2. boleh lah mas kecanduan minuman bersoda asal diimbangi air putih yang banyak juga, jangan kecanduan beralkohol lho ya . hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, tentu saya juga prefer minum air putih kok...

      alkohol insyaalloh janganlah.

      Delete
  3. wah baru tahu mas, minuman bersoda bisa memicu sroke di hari tua. klo begitu mending ngopi ketimbang minuman bersoda, menikmati aroma harum secangkir kopi. terima kasih infonya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi juga kalo kebanyakan mah jelek...yang sedang-sedang saja.

      sama-sama...

      Delete
  4. naaaayyy!! cut it out bro! thas's no good.
    btw, bigger fonts make me comfy to read :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. I'm trying to stop it...

      Glad to hear that.

      Delete
  5. kalo saya kecanduan sm nu green tea mas, sy usahakan minum yang low sugar sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. setidaknya itu minuman teh, mas... ada baik2nya apalagi yang low sugar.

      Delete
  6. wah harus dikurangi minum sodanya tuh mas,
    aku pernah baca disalah satu postingan sobat blogger juga, kebanyakan minum soda itu bisa bikin ompong. hihi serem ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gigiku udah ada 2 yang berlubang, mba...hehe

      Delete
  7. kalo gue malah kecanduan kopi .....padahal ada bahayanya kalo kebanyakan tp tetep aja....disinilah kontrol diperluin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, kopi itu gitu lho ciri khas blogger banget.. hehehe

      Delete
    2. iya, sama juga kopi cara kerja candunya seperti soda...bahkan saya juga dulu pernah kecanduan kopi, rasanya tu kalo telat minum kopi kepala bagian belakang saya pusing...

      Delete
  8. kalau minuman soda sih ga pernah kecanduan malah ga terlalu suka :D

    ReplyDelete
  9. kalau minum kpi gmna kang ? mending ngopi dari pada nyoda mulu , hehehe .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kopi saya gak suka... pernah sebentar kecanduan juga soalnya.

      Delete
  10. wah.. semua merek ada tuh...
    wah... ane juga mulai ada tanda2 kecanduan nih..... jangan sampe.. deh....

    ia.. mending ngopi.... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngopi gak lagi-lagi deh...pernah waktu itu kecanduan, pas gak ngopi rasanya kepala pusing...

      Delete
  11. so far aku hanya kecanduan nonton drama Korea, lagu Korea, dan akhirnya mau punya Oppa Korea... entah ini kecanduan yang baik atau kecanduan yang akanmengecewakan nantinya, kalo gak dapat Oppa :)

    ya, hati hati dengans semua yang kita makan, minum mungkin bisa jadi investasi penyakit seperti katamu.

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. caelah oppa gangnam stle...

      iya, makasih mba sus...

      Delete
  12. Kalau kecanduan ngopi gak bakalan ilang Mas saat ini hehehe:)

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. ah, gak juga...gak terlalu keliatan maksudnya. hehe

      Delete
  14. kunjung perdana...
    kecanduan emang bikin kita ketergantungan,saya juga kecanduan kopi tiap pagi...hahahaha

    salam kenal yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. welcome to my blog...

      kopi kayaknya emang jadi temen para blogger...

      salam kenal juga.

      Delete
  15. pernah kecanduan air tajin gak mas?enak lho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha
      kalo ini sehat betul

      Delete
    2. oh, air tajin itu yang pengganti susu berasal dari air beras pas lagi masak nasi gitu ya...

      gak pernah tuh ampe kecanduan, tapi pernah juga ngerasain kalo lagi bikin nasi liwet gitu...hehe

      Delete
  16. dulu saya kecanduan minuman bersoda mas.
    hingga saya berumah tangga dan tobat. udah empat belas tahun ini saya terhindar dari minuman berbahaya itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. berbahaya??? emang sih

      kalo begitu saya harus dan wajib segera taubat.

      Delete
    2. iya deh, segeralah tobat Mas. ngeri loh

      Delete
  17. hehe...saya juga suka spri** lho mas...wah jadi saya juga kecanduan nih...gaswat...hehe

    ReplyDelete
  18. waaah kecanduan minuman soda yaa ...
    hahaha ..
    sekali2 coba minum kuah mie rebus , pasti lebih greget ,,

    gue juga suka big cola, itu karena harganya mahasiswa banget hehe

    ReplyDelete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...