Wednesday, 5 September 2012

Saya Pengangguran, Tapi Tak Seperti yang Lainnya

Ya, status saya sekarang adalah pengangguran. Bangga amat, emang gak malu? Malu-lah, pasti. Jadi inget sama perkataan teteh Dina, katanya "Kalau kita kerja, meskipun gajinya kecil, tapi kita serasa punya harga diri." Nah lho, saya tidak punya harga diri dong sekarang ini? Tidaklah, itu hanya kalimat sederhana pemicu semangat untuk mendapatakan pekerjaan lagi.

My 1st Job
Curhat dikit, ah. 6 bulan setelah lulus saya sempat bekerja di sebuah perusahaan multinasional distributor elektronik produk Italia sebagai seorang IT. Keren ya job title-nya. Emang keren, apalagi kan sekarang dunia IT lagi booming-boomingnya(emang masih?). Bayangkan saja, di umur 18 tahun menginjak 19 saya sudah bisa bekerja sebagai orang yang dibutuhkan sama kantor tempat saya kerja "dulu". Dan alhamdulillah kinerja saya dapat diterima dengan baik meskipun saya belum ahli. Trus, kenapa resign? Cerita gak ya? Gak, ah.

Kalau dipikir-pikir hanya satu sih masalahnya yaitu tuh saya kerja sendiri tanpa rekan satu posisi. Yang artinya I'm the one fighter. Beuh, lagaknya kaya ngadepin apa aja. Serius jadi IT itu tiap harinya kaya menghadapi pertempuran yang kita tak mengenali bagaimana medan tempurnya. Hiperbola. Tiap hari maslah berbeda, dan kalau bisa harus selesai hari itu juga. Apalagi yang minta mereka yang posisinya penting di perusahaan. Kayak "Tinggalkan segala apa yang sedang kau lakukan saat jajaran orang penting butuh bantuanmu." Astaghfirulloh gak jauh beda dengan perintah agama kala kita mendengar Adzan maka kita harus meninggalkan segala bentuk keduniaan yang sedang kita jalani.

Bersyukur banget saya sama yang di Atas pekerjaan that I thought I won't be able to be ternyata dapat ke-handle dengan baik. Tapi yaitu, coba bayangkan 2 kantor dengan lokasi berjarak 100 meter mesti saya pegang. 100 meter mah dekat, yo! Kalau kantor di gedung sendiri sih iya, tapi ini kantor ada di apartement dengan 7 apa 8 tower ya? Lupa lagi. Kebetulan kantor yang saya handle ada di tower 5 dan 3. Tiap harinya sobat wtw saya bolak-balik jalan-naik lift-jalan lagi-naik lift lagi. Pernah 2 minggu pertama saya jatuh sakit dengan keluhan dari pinggang ke kaki sakit. Kasian ya? Banget...

Yang paling ngeri adalah pada saat kerjaan di kantor yang ini belum selesai kantor yang ono udah nyaut-nyaut gak karuan. Diusahakan agar tidak stress tetap aja saya merasa bahwa ini job emang paling butuh kesabaran dan sikap diplomatik yang baik. Sementara saya orangnya tidak sabaran dan gampang stress. Pantes ya kurus terus...Kalau soal urusan diplomasi sih alhamdulillah ya bisa saya kuasai dengan baik.

Sudah ya, intinya saya keluar dengan salah satu alasan di atas. Alasan lainnya lebih ekstrem dan demi menjaga agar saya tidak nyerocos ngomonngin orang ya udah dibatas saja alasannya segitu.

The Last Job
Di pekerjaan yang terakhir kemarin, terakhir? Kedua kali, saya jadi seorang online marketing. Aih, keren juga job title nya. Kalau soal marketing udah tahu dong sobat wtw semua apa yang dikerjakannya. Yep, benar banget jualan. Tapi yang ini tetep lebih keren dong ada awalan online-nya. Apaan tuh? Seperti yang saya sudah sebutkan di awal, dunia IT emang lagi up-up nya. Istilah online adalah yang sedang populer di jaman sekarang ini. Ini istilah dari dunia IT, lho. Sekarang saya tidak se-skeptis tadi dalam menyebutkan dunia IT emang lagi booming. Haha...#so asyik lo, yo

Inilah kontribusi dunia internet untuk para marketer. Jaman sekarang sudah tidak asing lagi dong bagi kalian semua dengan istilah belanja online atau belanja secara online. Nah, dunia internet memang selalu memberikan kemudahan. Kalau jaman dulu para marketer jualan langsung bertata muka dengan konsumen, dalam artiana si marketernya mesti ahli nyari calon pembeli. Sekarang cara tersebut sudah sedikit tergeser dengan adanya online marketing atau kalian mungkin sudah ada yang mengenal istilah SEO. Dengan online marketing bukan lagi penjual yang mesti kelayapan nyari calon pembeli, tapi kebalikan dari itu, calon pembeli atau konsumen-lah yang mencari penjual.

SEO atau Search Engine Optimation adalah istilah dunia internet untuk cara jualan yang efektif, murah energi dan lebih efisien. Saya sendiri tidak begitu ahli sih dengan dunia per-SEO-an. Untuk lebih lengkap mengenai dunia SEO kalian bisa tanya-tanya nih ke sang maestro musik dangdut. Eh, Ahli SEO maksudnya, sama bang AnggiSeo di keylovs.blogspot.com

Gila, baca dari atas ternyata saya banyak jelasin dunia perinternetan untuk jualan dengan bobot naskah yang gak jelas. Mulai fokus ke curhatnya... Ini adalah sebuah home online marketing. Kami di sini dididik untuk menjadi wiraswasta, bukan untuk jadi karyawan. Wah, cool bangetsss ampe dingin. #lebay. Home online marketing ini menjual obat herbal multkhasiat untuk berbagai jenis penyakit. Cukup ya untuk pengenalan badan usahanya (badan hukum apa badan udaha? Au, ah.)

Di pekerjaan ini syukur alhamdulillah kinerja saya, menurut saya, tidak mengecewakan. Aman, tentram, damai, sejahtera, MERDEKA!!! Nah, trus kenapa resign? I have no strong reason. But, it's generally you all have why. What a childish way I did. I repeat, what a "nice" childish way I did. Yeah, nice, nice, nice....

Debating
# Lo niatnya curhat, yo. Kok tetep gak terbuka sih di postingan ini?
Gimana ya sobat wtw, biar saya dan orang terdekat dan Allah saja deh yang tahu. Itu cukup. Lebih dari cukup.
#Gak fair, lo? Bangga banget ama istilah childish-nya?
Sapa yang bangga? Saya hanya berpikir kalau itu adalah istilah teraman yang bisa saya gunakan untuk berkomunikasi dengan orang "itu".
#Lo gak sedih ninggalin sobat-sobat lo di sana?
Banget. Apalagi mereka yang membentuk jalinan dengan cara uniknya masing-masing terhadap saya. What a wonderful them I left.

Ada satu pelajaran dari cara hidup saya dari dua job di atas. Saya hanya harus memlihara sifat penyabar dalam diri saya. Dulu saat saya mendapatkan bullying di sekolahan sabar adalah teman saya. Satu-satunya teman yang bisa saya andalkan. Dan kalian tahu apa yang saya dapatkan dari teman tak berwujud itu? Prestasi, ya benar. Prestasi dalam standar orang sebiasa saya.

Saya Pengangguran, Tapi Tak Seperti yang Lainnya
Saya tidak patah semangat. Alhamdulillah sudah isi modem dengan paket bulanan 1,2 GB/30 hari seharga Rp. 50.000,-. Mulai deh edit profile di situs-situs job seeker and begin to doing click, click and interview. I really love it. Love when I get the telephone for an interview. I'm so excited with it. God, Thanks.

Banyak yang bisa dilakukan dengan waktu luang yang bejibun seperti sekarang ini. Ada banyak buku yang belum sempat saya baca semasa bekerja, musik update yang belum didownload, bisa lebih kreatif dengan ngulik photoshop lagi, and then tentu saja bisa nulis lagi, apalagi udah dihadiahin smartphone produk RIM yang udah ada aplikasi word-nya. Tapi aneh ya kok aplikasi facebook di BB gak ada aplikasi note atau catatannya? Hadeuh...Padahal ini media online paling simple yang saya tahu untuk menyelipkan coretan ide-ide tak terduga yang melintas di kepala saya.

Greet and Sorry
Eman, pas abi nganterkeun baju lebaran kamu nu katinggaleun di mess sugan teh urang rek panggih jeung maneh di rumah yang di Roay Mountain sana. Ternyata Anda tidak ada. #ngarep
Arul, iraha nikah? Hawatos teu aya guling kanggo tidur. Haha
Gegedug Luxor and Staff, Eh, nitip batam, nya. Ulah nyampe digunying ku panda atau penguin atau naonlah ayeuna istilahna.
Fredy, saya benar-benar melakukannya...HORE!
Buat guru-guru tercinta, Pa Hendra and Teh Nisa, hatur thank you ilmunya...
Dewi, bersyukurlah karena saat kita jauh maka saya bisa merasakan kangen...hihi
Jal, :-j
Njung, Yad... Rock On! Break the spell... Kita lihat episode berikutnya, mudah-mudahan happy ending.


Nyanyi, ah...
Farewell, somebody's gonna miss you
Farewell, somebody's gonna wish that you were here
That somebody's me...
Rihanna - Farewell

When I finally go away
I know you'll look for me one day
Oh, yeah...It's so sad

When you let love down
You let me down
I don't have to remind you but you know that I'm around...
Lady Gaga - Let Love Down

11 comments:

  1. Curcol beneran kamu. Saya bacanya sampai habis, kira-kira intinya 'jangan takut jadi pengangguran'. Aw aw... Hahaha... :D

    ReplyDelete
  2. sengaja merahasiakan postingan ini dariku, atau hanya aku saja yg tidak diberi tahu? whatever you said, it doesnt proove that u are not childish, the way you used to go..

    i replied you here

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada yang dirahasia-rahasiakan...ini blog saya buat untuk lebih membuka diri saya. Kalau dengan lisan itu capek, kalau lewat tulisan ya membrudul banyak...omongan mulut bisa dipotong, tpi ketikan tangan tak bisa dipotong...nereleng...

      i've visit your blog.

      Delete
  3. I don't know what I've to say.
    Tapi, semoga menjadi penganggguran yang berbahagia dan berprestasi kekeke :D

    ReplyDelete
  4. a uyo... curhatanmu ini skdt membuat sdih...

    tetap semangat..!!
    senang bisa mengenalmu sbg seniorku d teripang.. hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. saha ieu? deris apa yanti?...

      ok, siap semangat 2012...

      Delete
    2. Hayooo tebak siapa...

      Delete
    3. ih waw.. a uyo yg baik hati dan tdk sombong, rajin menabung, ngabales ning.. hihi... :D
      baru nyadar saya..

      deris apa yanti ya?? kkk

      Delete
  5. Menurut aku nganggur itu pilihan, kalau kita mau gerak dan bertindak pasti semua yang diinginkan akan terwujud.

    ReplyDelete

Blog Uyo Yahya menerima segala macam komentar yang memenuhi kriteria "Bebas tapi Sopan". Mangga, silahkan...

Featured post

Retorika: Seni Merubah Pikiran Manusia

Di akhir perkuliahan semester 3 awal Maret ini saya mempelajari tentang Introduction to Litetrature. Untuk nilai dan tugas, setiap individ...